Blog Mau MaE

Jurnal Informasi Terkini dan Terupdate

Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat dan Terhindar dari Fitnah Dajjal, Dilengkapi Tulisan Arab dan Arti

3 min read

Simak bacaan doa selamat dunia akhirat dan doa keselamatan lainnya berikut ini. Berdoa merupakan cara bagi manusia dan makhluk Allah SWT untuk mendekatkan diri pada Nya. Ibadah ini dapat dilakukan kapan saja, misalnya ketika mensyukuri sesuatu, menghadapi kesulitan di dunia, atau mohon perlindungan dunia dan akhirat.

وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ Wa min hum may yaqụlu rabbanā ātinā fid dun yā ḥasanataw wa fil ākhirati ḥasanataw wa qinā 'ażāban nār Artinya: Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah: 201).

Doa sapu jagat dapat dibaca setiap selesai salat untuk memohon perlindungan dunia akhirat kepada Allah SWT. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār

Artinya: “Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.” Fitnah Dajjal adalah fitnah terbesar di dunia, karena dapat menggoyahkan iman manusia. Untuk itu, umat islam wajib meminta perlindungan kepada Allah SWT dari Dajal.

Berikut ini doanya: اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya hamba berlindung kepada Mu dari azab Jahannam, aza kubur, fitnah kehidupan, dan juga dari fitnah Dajal.” (H.R. Muttafaq ‘alaih). Keselamatan di dunia dan akhirat hanya dapat diperoleh dengan izin Allah SWT. Dengan demikian, umat islam dan seluruh makhluk Nya dapat berdoa dan memohon keselamatan pada Allah SWT.

Berikut adalah doa ujian dunia dan siksa akhirat. اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni’mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn. Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.” Ada beberapa sunnah Nabi Muhammad SAW yang dapat diterapkan ketika berdoa. Berikut ini rangkumannya, dikutip dari yang diterbitkan Oleh: Subdit Publikas Dakwah dan HBI Direktorat Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal BIMAS Islam Kementerian Agama Tahun 2013.

Buku tersebut dipublikasikan oleh Kemenag dalam laman resmi . Posisi berdoa menghadap kiblat Biawali dengan membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan Shalawat.

Berdoa dengan suara lembut dan rasa takut. Disertai dengan keyakinan doa akan dipenuhi oleh Allah SWT. Berdoa di waktu antara azan dan Iqamat.

Ketika malam Lailatul Qadar Ketika menjelang waktu shalat dan sesudahnya. Waktu sepertiga malam yang terakhir.

Sepanjang hari jum'at. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib. Ketika Khatam membaca Al Qur'an.

Berdoa ketika turun hujan. Ketika melakukan Tawaf. Ketika menghadapi musuh dimedan perang.

Ketika berdo’a sebaiknya di ulang 3 (tiga) kali. Di depan dan didalam Kabah. Di masjid Rasulullah saw.

Di belakang makam Nabi Ibrahim as. Di atas bukit Safa dan Marwah. Di Arafah, di Muzalifah, di Mina dan disisi jamarat yang tiga.

Di tempat tempat yang mulia lainnya seperti Masjid atau Mushalla.

Leave a Reply

Your email address will not be published.