Blog Mau MaE

Jurnal Informasi Terkini dan Terupdate

SehatQ, Obat Mata Bintitan, Cara Mengatasi Mata Bintitan

3 min read
obat mata bintitan

Salah satu kondisi yang memang bisa membuat penampilan Anda jadi terganggu yaitu mata bintitan. Beruntungnya saat ini sudah terdapat banyak sekali obat untuk mata bintitan yang dapat Anda coba mulai dari obat medis maupun obat-obatan alami.

Jenis obat yang dipakai umumnya akan tergantung dari kondisi mata untuk masing-masing penderita mata bintitan. Jika mata bintitan tersebut cukup parah dan terjadi secara berulang maka dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk menyingkirkan bakteri yang menyebabkan bintitan tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Bintitan?

 

Obat Pereda Nyeri

Untuk meredakan nyeri oleh karena di sini mata bintitan yaitu Anda bisa memakai obat pereda nyeri berupa antiinflmasi nonsteroid (NSAID) oral. Obat tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah di apotek seperti contohnya ibuprofen.

Obat mata bintitan bisa mengurangi peradangan sehingga di sini bisa mengurangi terjadinya bengkak dan juga kemerahan di area sepanjang kelopak mata yang mengalami bintitan tersebut. Selain itu Anda juga bisa memakai obat pereda nyeri lain seperti paracetamol.

Tapi obat murni hanya dapat meredakan nyeri tanpa meredakan kondisi peradangan. Ibu hamil ataupun orang yang memiliki gangguan pencernaan tidak dianjurkan mengonsumsi obat NSAID sebagai obat mata bintitan tersebut.

Jika Anda termasuk dalam kelompok ini maka pereda nyeri Paracetamol bisa jadi pilihan yang memang sangat aman untuk Anda gunakan.

Salep Khusus Mata Bintitan

Obat mata bintitan juga tersedia dengan bentuk salep. Tergantung dari jenis kandungan yang terdapat di dalam salep untuk mata bintitan bisa dijual bebas atau di sini membutuhkan resep dokter terlebih dahulu.

Salep untuk mata bintitan umumnya dirancang agar dioles ke bagian bawah kelopak mata yang terserang. Sama dengan obat minum salep tersebut bisa mencegah serta meredakan iritasi mata serta rasa terbakar untuk sementara waktu.

Namun tidak semua salep di sini bisa mengobati infeksi terkait bintitan tersebut. Selain itu pemakaian obat mata bintitan berupa salep juga bisa mengakibatkan penglihatan nantinya jadi kabur oleh karena salep menutupi bagian lapisan atas mata.

Cara yang benar dalam pemakaian salep mata bintitan itu antara lain:

  • Anda cuci tangan lebih dahulu hingga bersih sebelum memakai salep untuk mata bintitan
  • Bagian kelopak mata Anda tarik ke bawah secara lembut.
  • Oleskan salep setidaknya 0,6 senti di dalam kelopak mata bagian bawah.
  • Jangan sentuh ujung salep ke permukaan apapun untuk terhindar dari terjadinya kontaminasi.
  • Tutup kembali pada salep dengan rapat setelah Anda gunakan.

Salep khusus mata bintitan ini biasanya memiliki kandungan berupa emolien yang bisa melembutkan serta melembabkan kulit sehingga mata nantinya akan terasa jauh lebih nyaman.

Antibiotik

Jika di sini kondisi mata bintitan Anda tak kunjung sembuh dalam waktu 3 bahkan hingga 4 minggu, mengganggu kelihatan atau makin besar dan menyakitkan maka dokter akan meresepkan antibiotik sebagai obat mata bintitan.

Antibiotik bisa membunuh bakteri penyebab dari mata bintitan serta untuk mencegah bintitan tersebut menyebar ke area yang lebih jauh. Untuk pemberian antibiotik nantinya akan disesuaikan dengan jenis bakteri yang telah menginfeksi mata Anda.

Dokter bisa merekomendasikan antibiotik bentuk obat tetes maupun salep dan juga obat minum. Tetes mata dipakai dengan cara diteteskan ke dalam mata sedangkan salep Anda harus mengoleskan langsung ke area bintitan.

Bagi Anda yang merasa penasaran untuk melihat review obat mata bintitan maka bisa mengunjungi situs sehatQ. Selain itu di sana terdapat banyak artikel-artikel lain tentang kesehatan tentunya akan sangat dibutuhkan oleh Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.